IKAN OSCAR ( Astronotus Ocellatus )

MENGENAL IKAN OSCAR ( Astronotus Ocellatus )

Ikan Oscar Tercantik

Gambar Ikan Oscar

Astronotus ocellatus merupakan nama latin ikan oscar, ikan hias oscar adalah ikan hias yang termasuk kedalam keluarga cichilid. Ikan agresif yang hidup di perairan tawar dan berasal dari sungai Amazon ini bisa tumbuh sampai panjang badannya sekitar 45cm. Karna ukuran ikan hias oscar dapat tumbuh sampai sebesar itu, maka bagi anda yang ingin memelihara ikan oskar sebaiknya menyediakan kolam atau aquarium yang cukup besar agar ikan oscar dapat tumbuh dengan baik dan bergerak bebas ke setiap sudut ruang yang ada. Selain bisa tumbuh besar ikan oskar juga memiliki kelebihan lainnya, yaitu termasuk ikan hias berumur panjang. Karena usianya bisa mencapai kisaran 9-13 tahun.

Ikan hias oskar banyak di sukai oleh penggemar ikan hias. Karna selain warnanya yang cantik, tingkah lakunya yang suka menggerak-gerakan kepala atau ekornya juga menjadi daya tarik bagi pecinta ikan hias. Jika anda ingin memelihara ikan astronotus ocellatus di aquarium atau kolam. Sebaiknya jangan mencampur ikan hias oscar dengan ikan hias yang berukuran kecil. Karna sifat ikan yang agresif dan tergolong ikan karnivora memungkinkan terjadinya serangan ikan astronotus ocellatus / oscar kepada ikan-ikan lain yang berukuran lebih kecil. Bahkan yang sangat kecil seperti ikan guppy bisa di mangsa oleh ikan yang satu ini.

Jenis Ikan Oscar

Seperti yang di sebutkan di atas, panjang astronotus ocellatus atau ikan oskar bisa mencapai sekitar 45cm dengan berat sekitar 1,5 Kg. Di habitat asli pada umumnya ikan hias oskar berwarna gelap, bintik-bintik kuning tembaga / ocelli ditemukan pada bagian sirip punggung dan ekornya.

Hasil penyilangan menjadikan ikan oscar memiliki bebepara varian, kesemuanya memiliki ciri-ciri yang berbeda dan unik. Jenis-jenis ikan hias oscar yang ada di pasaran diantaranya, red tiger oscar dan Tiger Oscar di kenal juga sebagai ikan oscar batik. Albino tiger oscar dan albino red oscar di kenal dengan sebutan ikan hias oscar albino. Long fin oscar biasa di sebut dengan ikan oscar slayer. Dan masih banyak lagi varian lainnya seperti ikan oscar hitam, gold oscar, half back oscar, lemon oscar, lutino oscar, yello oscar dan lain sebagainya.

Makanan Ikan Oscar

Tidak sulit untuk memilih makanan ikan oscar, karena ikan oscar menyukai banyak jenis serangga dan hewan air yang berukuran kecil. Dalam memberikan pakan ikan hias oscar sebaiknya di lakukan secara teratur, misalkan sehari 2 kali, berikanlah pada pagi dan sore hari. Berikut adalah beberapa contoh makanan ikan astronotus ocellatus cepat besar yang bisa anda berikan pada ikan oskar kesayangan anda.

Cacing rambut

Cacing tubefifex atau di kenal juga dengan sebutan cacing sutra, cacing rambut dan cacing darah. Bentuknya seperti rambut dan bergerombol biasanya mudah di dapatkan di got atau solokan dan pinggiran kali, selain bisa di dapatkan secara geratis di kedua tempat itu, cacing sutra juga banyak di jual di toko-toko ikan hias, baik yang masih hidup ataupun yang sudah di bekukan. Cacing sutra atau cacing rambut memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga bisa mempercepat pertumbuhan ikan hias oscar kesayangan anda.

Udang

Udang merupakan hewan yang mengandung zat karoten cukup tinggi. Bagi kalangan penghobi ikan hias, memberikan udang secara kontinyu dapat mencerahkan atau mempercepat pewarnaan pada tubuh ikan. Namun ikan hias oscar yang di berikan udang sebaiknya ikan yang sudah cukup besar, agar cangkang dan kepala udang tidak membahayakan ikan oskar kesayangan anda.

Kelabang

Selain udang makanan ikan oscar yang di yakini mampu mempercepat pewarnaan dan mencerahkan warna pada tubuh ikan oskar adalah kelabang, selain mencerahkan kelabang juga dapat membuat ikan lebih galak atau garang. Kelabang banyak di jual di toko-toko pakan burung kicau atau dapat juga di temukan di toko-toko penjual umpan memancing.

Ulat Jerman

Makanan ikan oskar cepat besar lainnya yang bisa di dapatkan toko pakan burung kicau adalah ulat jerman. Ulat jerman memiliki tubuh berair dan gemuk, sehingga banyak mengandung protein dan lemak.

Jangkrik

Apabila ikan oskar kesayangan anda kurang nafsu makan, padahal kondisinya sehat anda bisa memberikan jangkrik sebagai umpan untuk menambah nafsu makannya, berikan jangkrik yang berukuran kecil dan masih hidup, agar ikan oskar peliharaan anda aman dari duri kaki serangga ini.

Ikan kecil

Anakan ikan komet, anakan ikan mas, ikan platis, ikan guppy atau ikan lainnya yang berukuran kecil juga bisa di berikan untuk oscar peliharaan anda, pemberiian ikan kecil dapat merangsang gairah ikan oskar dalam kolam atau aquarium, karena harus berburu terlebih dahulu untuk mendapatkan makanannya.

Cara Merawat Ikan Oscar

Bagi anda yang memiliki aquarium, ikan oskar termasuk ikan yang mudah perawatannya yang penting adalah menjaga kualitas air dalam aquarium agar selalu bersih dan bagus. Namun untuk memelihara ikan astronotus ocellatus/oscar agar tumbuh dengan baik dan ikan tetap sehat di butuhkan beberapa tambahan pengetahuan, berikut saya berikan tips cara merawat ikan oscar.

Hindari menaruh aquarium di tempat yang terkena sinar matahari langsung, karena suhu yang ideal bagi ikan ini kisaran 24-28⁰C. akan tetapi apabila aquarium di taruh di dalam ruangan, lengkapi aquarium dengan lampu led khusus buat aquarium, banyak di jual di toko-toko ikan hias. Karena bagaimana pun cahaya adalah sumber kehidupan dan sangat di butuhkan untuk pertumbuhan semua makhluk hidup.

Seperti kita ketahui bersama ikan oskar dewasa besarnya bisa mencapai kisarang 40-45 cm dengan berat kira-kira 1,5-1,7 Kg. Maka perisapkanlah aquarium yang ukurannya sesuai dengan besarnya ikan, apabila anda memelihara ikan oskar dari kecil, bisa menggunakan aquarium ukuran kecil terlebih dahulu yaitu 30x20x20cm namun apabila ukuran ikan sudah semakin besar anda harus segera mempersiapkan tempat yang baru, agar ikan dapat bergerak bebas dan tidak menggangu pertumbuhannya, idealnya aquarium yang di butuhkan adalah ukuran 85x45x45cm.

Lengkapi aquarium dengan pompa untuk sirkulasi air agar kondisi air tetap bersih dan sehat, ganti air aquarium kira-kira 15-20% dari total air yang berada di aquarium setiap minggu. Sebelum mengganti air, biasakan mengganti saringan kotoran dan membersihkan kotoran yang ada di dalam aquarium terlebih dahulu.

Ikan oskar termasuk ikan yang merasa nyaman bila berada di tempat persembunyian, oleh karena itu lengkapi aquarium dengan benda-benda yang bisa di jadikan tempat persembunyiannya, seperti paralon atau batu-batuan yang di susun menyerupai goa/trowongan.

Berikan pakan secara teratur minimal sehari dua kali yaitu pagi dan sore hari, kombinasikan jenis-jenis makanan ikan oscar yang sudah di jelaskan di atas, agar ikan oscar tidak bosan dan dapat tumbuh dengan cepat dan sehat.

Harga Ikan Oscar

Bagi anda yang tertarik dan berniat memelihara ikan oscar bisa mencari di toko-toko ikan hias sekitar rumah anda, atau bisa juga beli online di internet, cari informasi di google.co.id lalu ketik kata kunci “jual ikan oscar”, anda akan mendapatkan halaman website/blog penjual ikan oscar yang menjual secara online, sambil mencari-cari jenis dan harga yang cocok anda juga bisa cek harga ikan oscar termahal dan ikan oscar termurah, caranya sama dengan sebelumnya hanya kata kuncinya saja yang di ganti menjadi “ikan oscar termahal” atau “ikan oscar termurah” untuk tambahan refrensi jika anda ingin melihat ikan oscar terbesar dan ikan oscar tercantik anda bisa melihat videonya di youtube, caranya masuk ke halaman youtube lalu ketikan kata kunci “ikan oscar terbesar” atau “ikan oscar tercantik”.

Adapun harganya bervariasi, jenis dan ukuran biasanya yang menjadi acuan harga ikan oskar, semakin unik dan cantik jenisnya serta semakin besar ukurannya harganya tentu lebih mahal. Namun di pasaran pada umumnya harga ikan hias oscar dewasa kisaran 75-125 ribu rupiah dengan ukuran sekitar 20-25 cm. Jika anda ingin membeli anakan kisaran harganya sekitar 7.500-15 ribu rupiah.

Budidaya Ikan Hias Oscar

Jika anda berminat untuk belajar membudidayakan ikan oskar. Baik sekedar menyalurkan hobi atau ingin mencari tambahan penghasilan dengan cara menjual ikan hias oscar. Berikut adalah panduannya.

1.      Pimijahan

Pemilihan Induk adalah proses yang pertama kali harus kita lakukan jika ingin membudidayakan ikan oscar. Umur indukan yang akan kita pijah sebaiknya yang sudah berusia sekitar 2 – 2,5 tahun, berwarna cerah dan dengan tinggi badan 12 cm dan panjang badan 17 cm.

Lebih di utamakan melakukan seleksi ikan oscar pada saat berusia 6 bulan atau usia remaja. Proses seleksi bisa di bilang juga proses perjodohan karena pada proses ini ikan oscar kita campurkan pada satu kolam dengan jumlah 5 ekor ikan oscar jantan dan 5 ekor ikan oscar betina. Pada proses ini nantinya ikan oscar akan mencari pasangannya masing-masing. Memindahkan pasangan-pasangan yang sudah terjalin pada satu wadah tersendiri adalah proses yang kemudian kita lakukan.

2.      Ikan Oscar Jantan dan Betina

Ikan oscar jantan dan betina memiliki perbedaan yang sangat mudah untuk di identifikasi. Adapun perbedaan ciri-ciri ikan jantan dan betina bisa di ketahui sebagai berikut.

Ikan oscar jantan memiliki ciri-ciri :

  • Alat kelamin ikan hias oscar jantan berbentuk runcing
  • Batik atau bercak-bercak yang berwarna pada bagian badannya lebih banyak
  • Akan mengeluarkan cairan memancar apabila badannya di urut.
  • Bentuk badan lebih panjang dari ikan oscar betina
  • Ukuran sirip-sirip ikan oscar jantan lebih lebar di banding ikan oscar betina
  • Pada sirip punggung di temukan 2-3 bintik.

Ikan oscar betina memiliki ciri-ciri :

  • Alat kelamin ikan hias oscar betina berbentuk tumpul
  • Batik atau bercak-bercak yang berwarna pada bagian badannya lebih pendek
  • Akan mengeluarkan cairan pelan apabila badannya di urut.
  • Ukuran sirip-sirip ikan oscar betina lebih pendek di banding ikan oscar jantan
  • Bentuk badan lebih pendek dari ikan oscar jantan

3.      Proses Pemijahan

Siapkan kolam dengan ukuran sekitar 1,5×1,1×0,6 M3, isi kolam dengan air hingga ketinggian 45-50cm. Lalu biarkan kolam yang telah terisi air kurang lebih sehari semalam. Masukan batu koral berwarna hitam atau gelap yang berbentuk pipih pada dasar kolam secukupnya. Setelah air di endapkan sekitar sehari semalam, masukan sepasang ikan hias oscar yang sudah cukup umur dan siap kawin, pastikan ikan astronotus ocellatus / oscar betina sudah dalam kondisi siap bertelur. Selanjutnya tutuplah sebagian besar permukaan kolam agar suasana menjadi lebih gelap dan teduh.

Proses pemijahan biasanya berlangsung pada siang atau sore hari, indukan jantan akan membuahi langsung telur-telur yang di keluarkan indukan betina di atas batu-batu koral yang kita sediakan. Setelah proses pemijahan terjadi, kita bisa langsung mengangkat telur-telur yang telah di buahi dan memindahkan ke dalam wadah lain untuk melakukan proses penetasan. Proses penetasan untuk ukuran jumlah telur 1 pasang indukan bisa di lakukan pada aquarium dengan ukuran 75x45x35 cm3. Isi aquarium tersebut dengan air sampai ketinggian sekitar 10cm, lengkapi aquarium yang kita persiapkan untuk penetasan dengan pompa aerasi berkekuatan lemah, biarkan selama 3 hari, karena proses penetasan telur ikan hias oscar biasanya berlangsung selama 3hari. Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan air bisa campurkan emilin atau methylene blue secukupnya.

4.      Pemeliharaan Benih

Seperti halnya ikan-ikan yang lain, benih ikan oscar juga membawa persediaan makanan yang menempel pada perutnya atau yolk sack berupa kuning telur. Persediaan makanan ini akan bertahan sampai 5 hari kedepan. Oleh karena itu benih yang baru menetas sebaiknya di biarkan (jangan beri makanan) kurang lebih sekitar 5 hari.

Setelah 5 hari berikan pakan pada anakan ikan hias oscar ini berupa Rotifera, hal yang perlu di perhatikan dalam pemberian makanan adalah harus dengan takaran yang cukup. Berikan pakan secara teratur dan jangan sampai terlambat. Agar anakan ikan hias oscar tidak saling memangsa satu sama lainnya, karena ikan oskar termasuk bersifat kanibal. Berikan rotifera sampai anakan ikan oskar berusia 2 minggu. Setelah itu, pakan yang diberikan bisa di ganti dengan kutu air dan di kombinasikan dengan cacing sutra.

Pemeliharaan di aquarium bisa di lakukan sampai benih berumur 1 bulan. Setelah berumur 1 bulan benih sudah bisa di pindahkan ke wadah yang lebih besar atau kolam.

5.      Pembesaran anak ikan oscar

Sekali penetasan sepasang indukan ikan oskar biasanya menghasilkan benih kisaran 1500-2500 ekor. Benih yang sudah siap di pindahkan sebaiknya di sesuaikan dengan ukuran wadah atau kolam yang telah kita siapkan. Misalkan kolam yang kita siapkan berukuran 1,5x1x0.7 m3 dengan ketinggian air 25-30 cm, sebaiknya di isi dengan benih kisaran 250 ekor agar pertumbuhan benih berjalan normal dan pemerataan mendapatkan makanan terjaga.

Lengkapi kolam pembesaran dengan eceng gondok atau tumbuhan air lainnya. Karena tumbuhan air sangat berguna untuk tempat bersembunyi benih dan mengurangi sengatan terik matahari. Agar kolam tidak kemasukan air hujan pada saat hujan turun tutuplah permukaan kolam dengan fiberglass atau asbes.

Setelah 1-2 bulan benih akan bertambah besar tentunya kita membutuhkan wadah yang lebih besar, apabila ketersediaan kolam terbatas, anakan ikan hias oscar bisa di pindahkan ke beberapa tempat seperti bak atau aquarium tentunya dengan memperkirakan jumlah yang pas pada setiap wadahnya. Pada usia ini sebaiknya benih di kasih pakan berupa cacing rambut atau cacing sutra.

Zat kapur atau hcitine sangat di butuhkan untuk mendapatkan warna ikan hias oscar yang baik. Oleh sebab itu memberikan makanan yang mengandung zat kapur sangat baik di berikan sejak kecil. Adapun makanan yang banyak mengandung zat kapur antara lain adalah. Cacing rambut, moina atau kutu air, artemia, rotifera, udang kali dan udang rebon. (Eza)

Ikan Oscar Tercantik

Baca juga artikel lainnya : Ikan Black Ghost


4 gagasan untuk “IKAN OSCAR ( Astronotus Ocellatus )

  1. Ping-balik: MENGENAL ANEKA RAGAM IKAN HIAS - Ikan-Ikan

  2. Ping-balik: IKAN DISCUS (Symphysodon discus) - IKAN-IKAN

  3. Ping-balik: MENGENAL IKAN KOI (Cyprinus carpio) - IKAN-IKAN

  4. Ping-balik: GENERAL KNOWLEDGE ABOUT WHAT'S HVAC - AIR CONDITIONING REPAIR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *